May 23, 2024

Pojok Gamers

Game Portal

Pembaruan Windows 11 Memblokir VPN: Apa yang Perlu Diketahui

2 min read

Permasalahan:

Beberapa pengguna Windows 11 melaporkan mengalami masalah konektivitas VPN setelah menginstal pembaruan terbaru. Pembaruan yang diketahui menyebabkan masalah ini adalah KB5026372, yang dirilis pada Mei 2023. Pembaruan ini tampaknya memengaruhi VPN yang menggunakan protokol L2TP/IPsec, menyebabkan koneksi terputus atau tidak dapat dibuat sama sekali.

Solusi:

Microsoft telah mengakui masalah ini dan sedang mengerjakan solusi. Berikut beberapa solusi sementara yang dapat Anda coba:

  • Jeda Pembaruan Windows: Langkah pertama adalah menunda instalasi pembaruan KB5026372. Anda dapat menjeda pembaruan Windows selama tujuh hari di Pengaturan > Pembaruan & Keamanan > Pembaruan Windows.
  • Copot Pembaruan: Jika Anda sudah menginstal KB5026372, Anda dapat menghapusnya untuk menyelesaikan masalah. Buka Pengaturan > Pembaruan & Keamanan > Riwayat Pembaruan dan pilih Copot pemasangan pembaruan. Cari KB5026372 dan klik Copot.
  • Ubah Protokol VPN: Jika Anda memiliki opsi, coba ubah protokol VPN ke OpenVPN atau IKEv2. Protokol ini tidak terpengaruh oleh masalah KB5026372.
  • Gunakan VPN Pihak Ketiga: Anda dapat mencoba menggunakan VPN pihak ketiga seperti NordVPN atau ExpressVPN. VPN ini sering kali memiliki klien mereka sendiri yang mungkin tidak terpengaruh oleh masalah Windows.

Sumber Informasi:

Catatan:

  • Solusi ini mungkin tidak berhasil untuk semua orang.
  • Pastikan untuk selalu mencadangkan data Anda sebelum melakukan perubahan apa pun pada sistem Anda.
  • Microsoft terus merilis pembaruan untuk Windows 11. Pantau situs web Microsoft untuk informasi terbaru tentang pembaruan dan solusi yang tersedia.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Pojok Gamers Gaming Content

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *