June 25, 2024

Pojok Gamers

Game Portal

Penutupan Tango Gameworks oleh Microsoft: Dampak dan Konsekuensi

2 min read

Penutupan Tango Gameworks oleh Microsoft pada 11 Mei 2024, bagaikan bom yang menggelegar di industri game. Studio yang terkenal dengan seri The Evil Within dan Hi-Fi Rush ini, tiba-tiba harus gulung tikar, meninggalkan banyak pertanyaan dan kekecewaan bagi para penggemarnya.

Alasan Penutupan yang Masih Abu-abu:

Microsoft, dalam pernyataan resminya, hanya menyebut penutupan ini sebagai bagian dari “reprioritisasi judul dan sumber daya”. Alasan yang terkesan samar ini, menimbulkan banyak spekulasi dan kritik pedas.

Banyak pihak mempertanyakan mengapa Microsoft rela menutup studio yang memiliki reputasi baik dan baru saja meluncurkan game yang sukses seperti Hi-Fi Rush. Spekulasi beredar bahwa penutupan ini berkaitan dengan performa Hi-Fi Rush yang di bawah ekspektasi Microsoft, atau karena pergeseran fokus Microsoft ke jenis game lain.

Kehilangan Talenta dan Proyek yang Menjanjikan:

Penutupan Tango Gameworks berarti hilangnya talenta-talenta berbakat di industri game. Studio ini terkenal dengan keahliannya dalam menciptakan game survival horror yang menegangkan dan penuh atmosfer. Kepergian mereka meninggalkan lubang besar yang sulit untuk diisi.

Lebih menyedihkan lagi, penutupan ini juga berarti hilangnya proyek-proyek potensial yang belum sempat terwujud. Tango Gameworks dikabarkan sedang mengerjakan dua game baru sebelum penutupan, dan banyak gamer yang berspekulasi bahwa salah satu game tersebut adalah sekuel The Evil Within yang ditunggu-tunggu.

Masa Depan yang Suram bagi Franchise Game Tango Gameworks:

Hingga saat ini, Microsoft belum memberikan pernyataan resmi mengenai masa depan franchise game milik Tango Gameworks, seperti The Evil Within dan Ghostwire: Tokyo. Ada kemungkinan franchise ini akan dihentikan, dialihkan ke studio lain, atau bahkan diakuisisi oleh perusahaan lain.

Namun, ketiadaan kejelasan dari Microsoft semakin menambah kekecewaan para penggemar. Bagi mereka, franchise ini memiliki nilai sentimental dan makna yang mendalam, dan penutupan Tango Gameworks bagaikan kehilangan anggota keluarga.

Dampak Luas pada Industri Game:

Penutupan Tango Gameworks juga memberikan dampak luas pada industri game secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa industri ini tidak selalu stabil, dan bahkan studio yang terkenal dan dicintai pun bisa terancam penutupan.

Kejadian ini juga menjadi pengingat bagi para developer game bahwa mereka harus selalu beradaptasi dengan perubahan dan tuntutan pasar. Kemampuan mereka untuk berinovasi dan menghasilkan game yang berkualitas akan menjadi kunci kelangsungan hidup mereka di tengah persaingan yang ketat.

Kesimpulan:

Penutupan Tango Gameworks adalah peristiwa yang mengecewakan bagi para penggemarnya dan industri game secara keseluruhan. Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab mengenai masa depan franchise game Tango Gameworks dan dampak jangka panjang dari penutupan ini.

Hanya waktu yang bisa menjawab bagaimana industri game akan bereaksi dan bangkit dari peristiwa ini.

Pojok Gamers Gaming Content

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *