David Gaider dan Kritiknya Terhadap EA

David Gaider, penulis utama dan pencipta latar seri video game role-playing Dragon Age, dikenal karena kritiknya yang vokal terhadap Electronic Arts (EA), penerbit Dragon Age.

Berikut beberapa contoh kritik David Gaider terhadap EA:

  • Penekanan pada Live Service: Gaider mengkritik fokus EA pada model live service, di mana game diperbarui secara berkala dengan konten baru, seringkali dengan transaksi mikro. Dia berpendapat bahwa hal ini dapat merusak pengalaman pemain dan mendorong praktik yang tidak adil.
  • Kurangnya Dukungan untuk Single-Player: Gaider juga mengkritik kurangnya fokus EA pada game single-player, lebih memilih game multiplayer online. Dia percaya bahwa game single-player masih memiliki tempat di industri game dan merupakan bagian penting dari identitas BioWare.
  • Keputusan Kreatif: Gaider telah menyuarakan ketidaksetujuannya dengan beberapa keputusan kreatif yang dibuat EA terkait Dragon Age, seperti akhir cerita Dragon Age 2 dan arah pengembangan Anthem.

Meskipun kritiknya, Gaider tetap menghormati BioWare dan para pengembangnya. Dia memuji kerja keras dan dedikasi mereka dan percaya bahwa mereka masih mampu membuat game yang luar biasa.

Kritik Gaider mencerminkan kekhawatiran yang lebih luas di antara komunitas game tentang pengaruh EA pada industri. Banyak gamer prihatin dengan fokus EA pada keuntungan dan praktik bisnisnya yang dianggap tidak etis. Kritik Gaider telah membantu meningkatkan kesadaran tentang masalah ini dan mendorong diskusi tentang masa depan BioWare dan Dragon Age.

Berikut beberapa sumber yang membahas kritik David Gaider terhadap EA:

  • “Former Dragon Age lead writer David Gaider pours scorn on EA’s AI dreams: ‘What they took as excitement was really a veiled wail of despair'” PC Gamer
  • “David Gaider Interview – Part 1” YouTube [URL yang tidak valid dihapus]
  • “David Gaider Interview – Part 2” YouTube [URL yang tidak valid dihapus]

Penting untuk dicatat bahwa ini hanya beberapa contoh kritik David Gaider terhadap EA. Dia telah menyuarakan banyak pendapat lain tentang perusahaan dan industri game selama bertahun-tahun.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang David Gaider dan pandangannya tentang EA, Anda dapat menemukan banyak informasi online.

Pojok Gamers Gaming Content

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version