May 18, 2024

Pojok Gamers

Game Portal

L2 Cache Intel 15th Naik Diangka 75%

1 min read

L2 cache intel prosesor terbaru yang berperan sebagai semikonduktor bisa di naikan performanya. Ini dilakukan karena ada beberapa alasan di ranah gaming. Peforma ini yang pastinya diharapkan oleh para gamer nantinya.

Dengan intel mengupgrade L2 cache, ini akan mempengaruhi pada aplikasi yang bergantung pada bandwidth memori. Tapi pertanyaannya, seberapa besar pengaruh nya di bandingkan dengan L3 Cache?

Performa Semakin Kencang dengan Kenaikan Jumlah Cache L2 Cache Intel

Menurut Golden Pig Upgrade, L2 Cache Intel Arrow lake akan mempunyai 3MB per core. Jika di pertahankan pada 8 P-core, kemungkinan besat jumlah cache di L2 akan nain menjadi 24 MB.

Baca Juga: Intel Core i3 Refresh Masih di bekali Spek Seadanya

Arrow Lake nantinya akan di manufaktur menggunakan fabrikasi Intel 20A (atau penamaan konvensionalnya adalah 2nm). Dikabarkan juga intel akan menaikkan jumlah E-Core pada Core i9-15900K menjadi 32 Core.

Tentu ini jumlah yang naik sangat signifikan dibanding jumlah E-Core pada 13900K yang berjumlah 16 Cores. Anggapan seperti ini berarti jumlah Cache L2 akan meningkat menjadi 56MB jika menggabungkan P-Core dan E-Core sekaligus.

Jumlah L3 Cache juga dikabarkan naik ke 64MB dari generasi 13 yang masih berjumlah 36MB. Tapi apakah kenaikan ini berpengaruh besar pada kecepatan yang dirasakan? Cache level semakin rendah berarti jaraknya semakin dekat terhadap prosesor. Ini sangat berkontribusi terhadap latency yang dihasilkan.

Hasilnya, jika memperbesar Cache L2 berarti data yang diproses oleh prosesor lebih cepat karena data yang dibutuhkan sudah masuk ke Level 2 Cache. Hanya saja jenis Cache ini memang sangat ngebut dan membutuhkan harga yang sangat mahal dalam proses pembuatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *