SSD Akan Mengalami Kenaikan Harga di Tahun 2024, Kenapa?

SSD nampaknya akan mengalami kenaikan harga di tahun yang baru ini, 2024. Pasalnya ini bukan sekedar gosip belaka karena melihat trend pasar yang diawali masuknya tahun 2024 yang terlihat berkesempatan untuk kenaikan SSD secara besar-besaran. Lalu sebagai pertanyaannya, apa yang membuat Harganya bisa tiba-tiba melambung?

Penyebab SSD Naik Harga

Dilihat dari laporan terbaru yang di lansir oleh tom’sHardware ada kemungkinan kenaikan harga untuk komponen kecil ini. Dimana komponen ini sangat membantu komputer atau konsol game yang menyimpan data atau pun sebagai memori program agar mempergesit perangkat.

Perlu di ketahui sekali lagi oleh para pembaca kalau perangkat penyimpanan data konvensional seperti Hardisk kini sudah mulai di tinggalkan. Namun sepertinya ada sediki kendala di penyaluran produksi SSD yang dikenal sebagai Flash NAND yang terlihat loyo. Flash NAND merupakan jenis memori yang terpasang pada SSD atau pada perangkat lain sepeti USB Drive serta Memory Card.

Kemungkinan besar hargaa dari SSD di trigger oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah permintaan di pasaran dengan kapasitas yang cukup tinggi dipasar global. Simpelnya harga SSD akan mengalami kenaikan harga sekitar 10 sampai 20% yang mengingat Manufaktur membutuhkan Flash NAND yang banyak dalam produksi.

Berhubungan dengan Supply dan Demand

Meskipun ada kekurangan pasokan flash NAND, hal ini tidak berarti akan menjadi langka. Manufaktur masih bisa mendistribusikan, hanya saja mereka mungkin tidak bisa memproduksi sebanyak yang biasanya mereka lakukan.

Entah hal ini ada hubungannya dengan supply and demand akan penyimpanan cepat tersebut, namun bisa saja akan terjadi penyesuaian harga di pasar. Cepat atau lambat terkait hal tersebut.

Jadi, jika kamu berencana membeli SSD berkapasitas tinggi dalam waktu dekat, mungkin sebaiknya kamu melakukannya sekarang sebelum harga mulai melonjak nih, Pojokers!!

Pojok Gamers Gaming Content

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version