July 19, 2024

Pojok Gamers

Game Portal

CDPR Minta Maaf Karena Dialog Kontroversial Cyberpunk 2077

2 min read

CDPR nampaknya beberapa waktu lalu meminta maaf atas update 2.0 yang konon katanya mengandung element kontroversi dalam game Cyberpunk 2077. Terlihat mirip dengan perusahaan game lainnya yang dimana CDPR juga mendukung Ukraine yang sedang dalam konflik yang sedang berlangsung. Mereka juga berjanji akan memberikan bantuan secara finansial sehingga menghentikan penjualan game di region Rusia serta Belarus.

CDPR Meminta Maaf Perihal Element Kontroversi di Dalam Cyberpunk 2077

CDPR

CDPR menyampaikan permintaan maaf sebab adanya dialog anti-Russian serta sebuah graffiti yang ditemukan di lokalisasi Ukraina Cyberpunk 2077. Menurut perbandingan fil yang dibagikan oleh Zone of Games, lokalisasi ini tidak hanya menawarkan opsi pemilihan bahasa baru namun juga komentar ‘unik’ mengenai konflik Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung.

Dilansir dari IGN, CDPR mengaku bahwa elemen ‘offensive’ ini tidak ditulis oleh staff-nya dan tidak pula mencerminkan pandangan mereka.

“Lokalisasi Ukraina di Cyberpunk 2077 menampilkan elemen yang bisa dinilai offensive oleh pemain asal Rusia. Dialog ini tidak ditulis oleh staff CDPR dan tidak sama sekali mempresentasikan pandangan kami. Kami sedang memproduksi kalimat yang benar dan akan menggantinya di update selanjutnya. Kami meminta maaf atas situasi ini dan telah mengambil langkah untuk menghindari hal ini kembali terjadi di kemudian hari. “

CD Projekt Red

Namun, belum jelas elemen apa saja yang akan dihapus oleh developer di Cyberpunk 2077 versi Ukraina. Yang pasti, perubahan itu tidak akan terjadi secara instan dan cepat, paling tidak sampai update berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *