July 24, 2024

Pojok Gamers

Game Portal

Hati-Hati Dengan Malware Android Chameleon

2 min read

Malware Android Chameleo merupakan sebuah virus yang kini sedang meneror para user android yang konon katanya Malware Android Chameleon ini mempunyai kemampuan untuk menggunakan fitur fingerprint pada smartphone user untuk mengambil data didalamnya.

Malware Android Chameleon Manfaatkan Fingerprint

Melalui laporan TechRadar Chameleon termasuk jenis Malware yang paling muktahir. Jenis yang satu ini bisa mengelabuhi pelindung Malware dengan menyembunyikan aktifitasnya. Lalu malware ini juga mampu melakukan serangkaian aksi berbahaya seperti mengirim SMS palsu, mendownload dan menginstal aplikasi lain tanpa sepengetahuan pengguna.

Malware Android Chameleon ini memanfaatkan fitur aksesibilitas di ponsel Android untuk mendapatkan izin yang dibutuhkan. Setelah mendapatkan akses, malware tersebut akan langsung menonaktifkan fitur unlock menggunakan sidik jari dan menggantinya dengan PIN atau pola.

Cara Melindungi Smartphone dari Malware Chameleon

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melindungi smartphone dari malware ini. Pertama, pastikan bahwa aplikasi yang kamu instal di ponsel berasal dari sumber yang tepercaya, seperti Google Play Store.

Kedua, selalu perbarui sistem operasi dan aplikasi di ponselmu. Ketiga, jangan pernah memberikan izin aksesibilitas ke aplikasi yang tidak kamu kenal. Selanjutnya, kamu juga perlu berhati-hati dalam mengklik link yang dicurigai. Jika kamu merasa ada yang tidak beres dengan link tersebut, lebih baik jangan diklik.

Dan yang terakhir, selalu gunakan aplikasi antivirus yang tepercaya. Dengan begitu, kemungkinan ponsel kamu terinfeksi malware bisa ditekan seminimal mungkin

Kunjungi wawaslot untuk informasi gaming lainnya yang mungkin belum anda baca, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *