June 18, 2024

Pojok Gamers

Game Portal

Game Online China Larang Daily Login Gift Dalam Kebijakan Baru

4 min read

Game Online di Negri Tiran Bambu atau China kini telah membuat kebijakan baru yang berisikan tidak boleh adanya hadiah login harian. Fitur yang memberikan hadiah kepada para player ini secara tidak langsung seperti memaksa para gamers untuk tetap hadir dalam game PC maupun Mobile. Baru-Baru ini China mengeluarkan kebijakan baru nya untuk melarang fitur seperti ini. Namun apa alasan sebenarnya dari pemerintahan China ini?

Kebijakan Game Online di China

Kabar yang sedang heboh ini menjadi sebuah perbincangan para komunitas game online. Mereka menemukan sebuah info bahwa pemerintahan China sedang membuat kebijakan baru terhadap Game yang bersifat daring ini. Kebijakan ini termasuk untuk platform PC dan juga mobile.

Kebijakan yang dikeluarkan berupa aturan semua game online yang beredar di China tidak di perbolehkan memberikan hadiah harian saat login. Bonus topup dan juga hadiah dari total kumulatif dari setiap pembelian in-game. Aturan tersebut diketahui adanya hubungan dengan aturan di sana mengenai ketergantungan bermain game secara berlebihan di China.

Selain itu dijelaskan juga bahwa setiap developer maupun publisher game harus menghadirkan fitur pembatasan untuk setiap Player dalam mengeluarkan uang dan dijelaskan juga pada aturan layanan yang muncul lewat pop-up dalam game setiap kali pembayaran akan dilakukan.

Itu berarti sistem game bersifat online yang hadirkan fitur seperti yang sudah dijelaskan tadi terancam akan di-banned di China. Salah satunya adalah fitur Battle Pass yang ada di game online pada umumnya ataupun Welkin Moon dari Genshin Impact.

Rangkuman Kebijakan China

Berikut ini beberapa rangkuman penting mengenai aturan baru kebijakan game online di China:

  • Game Online tidak boleh memaksa melakukan PvP. Aturan ini kemungkinan bermaksud pada konteks game Open World dimana Player saling bertarung satu sama lain secara bebas tanpa ada aturan.
  • Game Online tidak boleh adanya Daily Login, first time top-up bonus, ataupun top-up bonus secara berkelanjutan. Tidak boleh adanya transaksi besar seperti fitur lelang. Perlu ada diimplementasikan pembatasan top-up pada Player yang sudah menghabiskan uang terlalu banyak.
  • Game Online butuh memperlihatkan peringatan kondisi kesehatan Player pada awal permainan di website gamenya.
  • Game Online membutuhkan izin dari Player untuk memberikan informasi asli mereka untuk identifikasi. Game harus memiliki informasi yang valid dan terverifikasi secara resmi.
  • Jual beli atau barter barang in-game di dunia nyata. Harus ada catatan pembelian dan disimpan selama 2 tahun.
  • Game Online yang menggunakan sistem lootbox atau gacha harus memiliki rate up yang masih masuk akal dan memberikan Player cara alternatif untuk mendapatkannya dengan cara membeli. Kemungkinan maksud aturan ini adalah semacam sistem pity yang lebih bisa diterima oleh pemerintah China.
  • Acara live broadcast tidak boleh ada “high value rewards”. Kemungkinan maksud dari aturan ini adalah pihak broadcast tidak boleh memberikan hadiah giveaway berupa barang atau sesuatu untuk menarik perhatian konsumen untuk memainkan gamenya. Aturan ini masih belum bisa dipastikan karena keterbatasan perbedaan bahasa.
  • Game Online tidak boleh dengan jelas menunjukkan sifat memonopoli atau melakukan kompetisi secara tidak adil.
  • Dan lainnya.

Penjelasan

Penjelasan di atas berdasarkan kumpulan informasi yang didapatkan dari komunitas di Forum Reddit. Ada kemungkinan terjemahan di atas masih ada kesalahan karena keterbatasan perbedaan bahasa.

Lalu bagaimana dengan game dari China yang dirlis di luar atau Global? Apakah aturan ini akan berdampak atau tidak? Untuk saat ini belum ada kepastian mengenai informasi tersebut.

Berbagai macam dugaan muncul dari gamer mengenai hal ini mengingat banyaknya game dari China rilis secara global yang bisa atau tidak terkena dampaknya. Salah satunya game Genshin Impact dari miHoYo.

Saham Perusahaan Terjun Bebas

Meski kebijakan ini diketahui belum secara sah diresmikan di sana, pengumuman tersebut membuat beberapa saham perusahaan game di China langsung anjlok. Dilansir dari CNN, perusahaan Tencent mengalami penurunan saham sebesar 12,8% di Hong Kong terhitung pada siang hari ini (22/12).

Penurunan tersebut adalah yang paling buruk dialami oleh Tencent sejak Oktober 2008. Dari aturan tersebut, Tencent bisa saja kehilangan uang sebesar 380,4 Miliar Hong Kong Dollar berdasarkan kalkulasi CNN berdasarkan statistik pasar saham. Tidak hanya Tencent saja, bahkan perusahaan lain seperti NetEase bisa berpotensi mengalami hal yang sama juga.

Itulah informasi mengenai adanya kebijakan baru game bersifat online di China melarang adanya sistem hadiah Daily Login dan lainnya. Apakah aturan tersebut benar-benar akan diresmikan di sana? Mari kita tunggu saja informasi selanjutnya dari Pemerintah setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *