Twitch Cabut dari Regional Korea Selatan, Apa Yang Terjadi?

Twitch merupakan sebuah platform streaming terbesar di unia. Dan telah menghasilkan banyak sekali kreator dari seluruh belahan dunia. Namun ada kabar tidak mengenakan untuk para warga korea selatan yang nampaknya berdampak cukup sangat besar. Baru-baru ini dikabarkan platform streaming Twicth akan tutup di regional negri gingseng “Korea Selatan” dalam waktu dekat ini. Apa yang sebenarnya terjadi?

Alasan Twitch Tutup di Korea Selatan

Informasi ini didapat dari seorang pengguna X/Twitter yang bernama MonteCristo. Yang dimana ia mendapatkan sebuah email yang berisikan informasi para streamer dalam regional Korea Selatan. Twitch dengan mengirim email tersebut ingin memberitahukan streamer wilayah korea jika mereka akan berhenti operasi di negara tersebut tahun depan. Twitch juga memposting hal ini secara resmi di blogpost mereka. Dalam blogpost tersebut berisikan info yang sama tentang berhenti beroperasi di Korea Selatan dengan beberapa alasan.

Twitch sendiri juga telah membagikan informasi secara resmi melalui blogpost yang mereka. Pada blogpost tersebut, platform ini akan berhenti beroperasi di Korea Selatan karena beberapa alasan. Twitch akan berhenti beroperasi di Korea Selatan pada tanggal 27 Februari 2024. Para Streamer di negara tersebut tidak akan dapat melakukan monetasi melalui platform dan pengguna tidak lagi dapat membeli langganan. Seluruh transaksi automatis juga akan dibatalkan dan tidak dapat diperbarui.

Alasan untuk mengapa hal ini terjadi adalah pemerintah region tersebut dikabarkan membuat posisi Twitch sebagai platform sangat sulit. Layanan streaming ini juga beroperasi dengan kerugian yang sangat signifikan beberapa tahun ini. Hal tersebut dikarenakan biaya jaringan di region tersebut 10 kali lebih mahal dari negara lain dimana platform tersebut beroperasi. Dan hal ini juga terjadi setelah usaha dan upaya platform untuk menurunkan biaya yang sebelumya lebih besar.

Hal ini juga yang membuat Twitch memutuskan untuk menutup operasi di Korea Selatan karena mereka tidak menemukan titik tengah dari permasalahan yang dapat menjadikan model bisnis tetap bertahan.

Impact Yang Didapat Setelah Twitch Tutup Di Korea Selatan

Penghentian operasi platform di region Korea Selatan ini cukup berdampak besar terutama para penonton global dan creator asal region tersebut. Setelah tanggal 27 Februari 2024, para creator terpaksa berpindah platform karena tidak mendapat monetasi. Para penonton juga tidak akan dapat menonton streamer Zaraplay asal region tersebut sehingga mengurangi potensi streamer asal Korea Selatan untuk menjadi sukses tidak hanya di negara mereka namun secara global.

Berdasarkan data statistik dari TwitchTracker, Korea merupakan salah satu bahasa yang memiliki penonton terbanyak di platform tersebut selain bahasa Inggris, Spanyol, dan bahasa Jerman. Dapat dibilang, ini adalah berita buruk yang sangat besar bagi konten kreator asal Korea dan juga tim-tim esports besar region tersebut. Memang, region ini terkenal dengan tim-tim esports game PC maupun game mobile Zigzagslot yang sangat kuat.

Twitch sendiri telah menjelaskan bahwa mereka akan membantu para konten kreator tersebut untuk berpindah platform dan akan bekerja sama dengan platform lokal lain untuk transisi para streamer ini. Kunjungi wawaslot untuk informasi gaming lainnya yang mungkin belum anda baca, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version