HoloCure

HoloCure Save the Fans Tidak Ingin Monetisasi Ataupun Donasi

Holocure Save the Fans adalah sebuah proyek fangame yang dikembangkan oleh seorang kreator. Game slot ini bisa dimainkan gratis dan nampaknya mendapatkan respon yang cukup positif dari para pemainnya. Ada sesuatu yang mungkin membuat kita penasaran, kenapa Kreator Holocure save the fans ini tidak ingin di monetisasi ataupun meminta donasi kepada para penggemarnya.

Alasan Sang Kreator Holocure Tidak Meminta Donasi serta Monetisasi

Berawal dari sebuah diskusi forum platform steam yang dimana akun steam Qlloz membuat sebuah postingan yang menanyakan darimana sumber pendapatan developer game Holocure kalau game mereka dapat dimainkan secara gratis.

Sang kreator merespon pertanyaan tersebut dengan akun steamnya “kay” dan buka-bukaan hal terkait pekerjaan dia.

“Mungkin ini terasa mencurigakan, dan aku paham itu. Aku akan jelaskan secara terbuka bagaimana game ini bisa dilanjutkan pengembangan sebagai game gratis.

Pekerjaan utamaku sebagai animator di sebuah video game. Produksi video game sudah berjalan bertahun-tahun, jadi pekerjaan ini jadi penghasilan utama yang konsisten dan bisa mencukupi kebutuhanku dari sana.

Aku juga bekerja secara freelancer untuk beberapa studio anime sesekali dalam beberapa waktu. Pekerjaan ini merupakan uang sampingan yang bisa membantu. Setiap pekerjaan kira-kira bisa dapat sekitar $500 sampai $1000. Memang tidak banyak, tapi uang tersebut bisa menutupi biaya pengembangan game.

Menurutku sekitar 75% pengembangan game ini aku yang kerjakan, mulai dari desain gameplay, sprites, animasi, programming (semua Holo House aku yang coding sendiri), dan management proyeknya. Karena pekerjaan animasi sudah membayarkan dengan cukup, aku habiskan waktu kosong untuk mengerjakan game ini, dan tentu saja aku tidak butuh dibayar sama sekali.

Ini berarti aku tidak menghabiskan uang tambahan untuk mengembangkan game ini, hanya waktuku yang dipakai. Aku juga membayar semua pekerjaan terjemahan dan juga beberapa tambahan bantuan dari desain (seperti furniture),. Jadi ada BEBERAPA biaya, tetapi tidak terlalu banyak. Uang tambahan yang tadi ku-mention sudah cukup untuk menutupi biayanya.

Selama aku bisa hidup dengan nyaman, ada waktu untuk mengerjakan game ini dan membuat orang bisa menikmatinya, itu semua yang penting bagiku.”

~Kay, Holocure Creator

Reaksi Para Gamer

Dari pernyataan Kreator Holocure para penggemar merespon dengan sangat psoitif. Kebanyakan dari mereka merasa salut dengan pekerjaan sang kreator yang membuat sebuah fangame tanpa imbalan apapun. Beginilah respon para pengemar:

“Itu benar-benar luar fantastis. Sikap yang luar biasa. Terima kasih.”

“Aku tidak tahu siapa kamu, aku tidak tahu dimana kamu tinggal, tapi aku akan menemukanmu dan berikan uangku ke kamu… (cuma bercanda, terima kasih sudah membuat game luar biasa ini.”

“Kamu luar biasa. Sebagai seseorang yang punya teman di desain game dan animasi, jaga dirimu baik-baik dan tetap sehat selalu karena aku mendengar banyak hal buruk di aspek-aspek tertentu di pekerjaan tersebut.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version