February 27, 2024

Pojok Gamers

Game Portal

Apple dan Google Merespon Isu Penyadapan Smartphone

2 min read

Apple & Google merupakan raksasa teknologi dunia yang baru-baru ini merespon sebuah isu terkait penyadapan pengguna smartphone Android sertaiPhone yang menjadi sorot panas warganet.

Respon Apple & Google Terkait Isu Tersebut

Duo raksasa teknologi ini memberikan tanggapan terkait laporan penyadapan yang di lakoni oleh pemerintah melalui notif pada iPhone dan Android. Dan mereka membenarkan laporan tersebut. Penyadapana melalui notif dini diumumkan oleh senator AS Ron Wyden dalam suratnya pada Departemen Kehakiman. Penyadapan ini melibatkan suatu instansi pemerintah namun tak ada detail terkait instansi tersebut.

Google dan Apple memiliki informasi mengenai notifikasi pengguna yang potensial diserahkan ke instansi pemerintah tertentu. Wyden menuntut DOJ untuk mendorong Apple dan Google agar transparan mengenai permintaan pengawasan dari pemerintah.

“Laluisurat tersebut, saya mendesak DOJ untuk membiarkan Apple dan Google memberi tahu pelanggan dan masyarakat umum tentang permintaan catatan notifikasi aplikasi smartphone,” ujar Wyden.

Belum transparant Secara Keseluruhan

Google dan Apple menegaskan bahwa mereka akan mengikuti saran dari Wyden. Namun, Apple dalam pernyataan yang dikutip Reuters, sebelumnya mereka dilarang untuk mengungkapkan adanya permintaan data notifikasi oleh pemerintah. Namun, hal ini akan berubah dan perusahaan akan mulai memberitahu pengguna tentang praktik ini.

“Dalam situasi ini, pemerintah federal melarang kami untuk membagikan informasi apa pun,” kata Apple, seperti yang dikutip dari Android Authority. Sekarang praktik ini telah diketahui oleh publik, kami akan memperbarui laporan transparansi kami untuk memberikan detail tentang permintaan tersebut,” tambah perusahaan teknologi tersebut.

Google juga berkomitmen untuk melakukan hal yang sama. Pengguna Android akan diberikan informasi mengenai permintaan pengawasan. “Kami memiliki komitmen yang sama [dengan Wyden] untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang permintaan ini,” kata Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *