Metroidvania Bingung Arti Nama dari Genre Game Tersebut?

Metroidvania adalah istilah yang sering kalian dengar dalam dunia game. Tapi apa sebenarnya pengertian dari nama tersebut?. DAri beberapa game independen banyak yang menggunakan nama ini untuk game yang mereka ciptakan. Jika kita perhatikan sebenarnya ada beberapa hal yang membuat game tersebut patut di masukan kedalam genre Metroidvania. Apa aja sih hal-hal yang terlihat dalam sebuah game?. yuk ita bahas bersama.

Pengertian dari Metroidvania dalam Dunia Game

Istilah ini merupakan sebuah Portmanteau yang mengombinasi 2 gaya seperti Metrod dan Castlevania. Metroid sendiri pertama kalinya muncul di tahun 1986 dan dilanjutkan dengan sekuel berikutnya di tahun 1994 yang menjadi game terfavorit kala itu. Dari kemunculan game tersebut, beberapa game juga ikut berevolusi salah satunya Castelvania dengan tajuk Symphony ig the Night di tahun 1997.

Perbedaan Antara Metroi & Castlevania

Walaupun 2 game ini menjadi 1 kesatuan namun mereka memiliki pengalam game yang cukup berbeda. Metroid lebih berfokus kepada isolasi dunia baru, sedangkan Castlevania memiliki element RPG seperti Equipment dan juga status.

Lahirnya kemiripan Metroidvania

Unsur atau element yang dimiliki game jenis ini yakni eksplorasi non-liner yang berarti tidak menggunakan progresi stage. Yang berarti Metroid dan Castlevania beiasakan memberikan sebuah semesta yang dapat kita jelajahi. Gamer diharapkan menemukan jalannya sendiri dengan cara bermain mereka. Biasanya gamers akan di berikan mini map untuk membantu perjalan mereka. Karena mimin merasa game seperti ini cukup membingunkan jika jika membahas soal Map.

Memiliki Unsus Equipment dan Power-Up

Jika kita bermai game dengan genre Metroidvania, biasanya kita bisa mengupgrade equipment serta power-up dengan kemampuan yang berbeda-beda di tiap celah Map. Tapi biasanya akan sebuah quest yang tidak bisa kita sadari untuk mendapatkan kemampuan tersebut. Seperti contoh saat ini mendapatka kemampuan mendodrak tembok. Jadi kita harus mencari kemampuan tersebut i map-map tertentu.

Nah sekarang para pembaca dan gamers sudah mengerti dengan istilah ini bukan?. Klik Link ini untuk mendapatkan informasi hiburan menarik lainnya yang mungkin anda belum baca, Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version